Pelanggan selalu benar

Saya lahir pada tahun 1953, tumbuh di tahun 60-an dan lulus SMA pada tahun 1972. Sejak itu, banyak hal telah berubah. Hidup itu berbeda, lebih lambat, lebih sederhana. Orang-orang merasakan kesadaran yang jauh lebih kuat. Tetangga akan nongkrong di teras depan satu sama lain di malam hari dan mengejar apa yang terjadi dalam kehidupan masing-masing. Lingkungan seperti satu keluarga besar. Anak-anak akan berlari dan bermain di luar dari fajar hingga gelap dan tidak ada yang khawatir tentang seorang anak yang diculik. HIDUP jauh lebih murah. Bensin murah, kita bisa mendapatkan tes tinggi untuk 37 sen. Kita bisa pergi ke bioskop dengan harga di bawah satu dolar, dua jika kita membeli soda dan jagung pop. Heck, Anda bisa membeli mobil sport yang sangat bagus untuk di bawah Lima Besar dan hipotek rata-rata di bawah Lima Puluh Ribu. Ya, hidup lebih sederhana.

Ada pepatah populer dalam bisnis pada masa itu. “Pelanggan selalu benar.” Sayangnya, filospohy itu jarang, jika pernah, ditaati, hari ini. Tentu saja, pelanggan itu tidak selalu benar tetapi bukan itu intinya. Perusahaan bisnis, terutama yang dimiliki secara lokal, memperlakukan pelanggan mereka seperti keluarga. Ada rasa kejujuran dan keadilan dalam transaksi bisnis. Pemilik lebih suka membuat sedikit lebih sedikit pada penjualan, daripada menipu pelanggan. Sebagai imbalannya, orang-orang merasakan kesetiaan dan akan berbelanja di toko yang sama, membeli mobil dari dealer yang sama, membeli bensin di stasiun yang sama, makan di restoran yang sama dan seterusnya. Mengapa, Karena pelanggan selalu dibuat merasa bahwa mereka penting, bahwa mereka adalah keluarga. Dan dalam arti yang sangat nyata, mereka.

Manfaat lain untuk pendirian adalah iklan dari mulut ke mulut oleh pelanggan yang sangat puas. Ini adalah jenis iklan terbaik karena berfungsi dan tidak memerlukan biaya apa pun. Ya, memang, tetapi tidak secara uang. Biayanya diukur dalam hal-hal seperti integritas, karakter, kejujuran, etos kerja yang baik, meluangkan waktu untuk memastikan pelanggan mendapatkan produk yang tepat dengan harga yang wajar. Ini adalah jenis iklan yang akan menumbuhkan bisnis besar dan sukses untuk Anda. Dalam Pemasaran Jaringan kami berbicara banyak tentang menawarkan produk dan peluang bisnis yang memenuhi kebutuhan nyata dan membuat hidup seseorang lebih baik. Bagi saya itulah yang dimaksud dengan filosofi “Pelanggan Selalu Benar”. Yang benar adalah, bisnis ini, bisnis apa pun, bukan tentang Anda. Ini tentang pelanggan Anda, prospek Anda. Jika mereka percaya Anda peduli dan benar-benar ingin membantu mereka, mereka akan membeli dari Anda, mereka akan mendaftar untuk kesempatan Anda. Ingat, orang tidak peduli seberapa banyak Anda tahu sampai mereka tahu seberapa besar Anda peduli. Ini bukan tentang kamu. Tidak pernah ada. Ini tentang pelanggan Anda dan “Pelanggan Selalu Benar.”

Leave a Reply